AHA, BHA, dan Alpha Arbutin: Manfaat dan Cara Menggunakannya

aha bha dan alpha arbutin
Sumber: Beautynesia.id

Tentu kamu sudah tak asing lagi dengan AHA, BHA, dan Alpha Arbutin. Ketiga kandungan bahan ini belakang populer sebagai bahan utama dalam beragam produk skincare oleh banyak brand ternama. Apa sebenarnya manfaat ketiga kandungan bahan tersebut bagi kulit dan bagaimana cara menggunakannya dengan tepat?
Well, Maklonesia akan mengulasnya lebih dalam untukmu. Simak ulasan ini hingga tuntas, ya.
Memiliki kulit yang cantik dan sehat merupakan idaman hampir setiap wanita. Karena itulah, belakangan hadir beragam kandungan bahan yang terbukti efektif untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit, di antaranya Alpha Hydroxy Acid (AHA), Beta Hydroxy Acid (BHA), dan Alpha Arbutin.

Apa itu AHA, BHA, dan Alpha Arbutin?

AHA, BHA, dan Alpha Arbutin adalah bahan-bahan yang sering digunakan dalam produk perawatan kulit. Ketiganya memiliki sifat, karakteristik, dan manfaat yang berbeda dalam membantu menjaga kesehatan kulit.
AHA (alpha-hydroxy acid) meupakan senyawa non alami yang dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati, sehingga kulit terlihat lebih cerah dan sehat. Kandungan ini juga mampu meningkatkan produksi kolagen, sehingga dapat mengurangi tampilan garis-garis halus serta keriput pada kulit.
Ada beberapa jenis AHA yang sering digunakan dalam produk perawatan kulit, seperti asam glikolat, asam laktat, asam malat, dan asam sitrat. Setiap jenis AHA memiliki kekuatan dan konsentrasi yang berbeda untuk menjaga kesehatan kulit. Karena itu penting untuk memilih produk yang sesuai dengan jenis dan kebutuhan kulitmu.
Berbeda dengan AHA, BHA (beta-hydroxy acid) merupakan jenis senyawa non alami yang kerap digunakan dalam produk perawatan kulit untuk membantu membersihkan pori-pori serta mengurangi produksi minyak berlebih pada kulit. BHA mampu menembus lapisan minyak di kulit dan membersihkan kotoran serta sel-sel kulit mati yang terperangkap di dalamnya.
Dalam produk perawatan biasanya menggunakan beberapa jenis BHA, seperti seperti asam salisilat dan asam beta-hydroxypropionic. Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal kamu harus memuilih jenis dan konsentrasi BHA yang sesuai dengan jenis kulit dan kebutuhan perawatanmu.

Baca juga: Pentingnya Kemasan Produk dalam Skincare: Memikat Pelanggan dengan Desain Menawan

Terakhir, Alpha Arbutin. Senyawa non alami ini sering digunakan dalam produk perawatan kulit untuk membantu mencerahkan kulit dan mengurangi pigmentasi. Senyawa ini mampu menghambat produksi melanin, pigmen yang memberikan warna pada kulit.
Dengan kemapuan tersebut, Alpha Arbutin dapat membantu mengurangi tampilan bintik hitam dan noda pada kulit. Selain itu, senyawa ini juga dapat membantu menjaga kelembapan kulit dan meningkatkan elastisitasnya.
Dalam penggunaannya, penting untuk memperhatikan kekuatan dan konsentrasi masing-masing bahan, serta jenis kulit dan kebutuhan perawatanmu. Sebelum menggunakannya secara teratur, jangan lupa untuk selalu melakukan patch test coba terlebih dahulu untuk menghindari iritasi pada kulit.
Bila kamu memiliki riwayat alergi terhadap bahan tertentu, sebelum menggunakan produk perawatan kulit dengan kandungan ketiga bahan tersebut, ada baiknya kamu berkonsultasi dengan dokter kulit untuk memastikan produk yang sesuai dengan kebutuhan kulitmu.

aha bha dan alpha arbutin, aha vs bha
Sumber: Byrdie.com

Baca juga: 10 Kandungan Berbahaya dalam Skincare ini, Wajib Dihindari Ibu Menyusui

Apa Saja Manfaat AHA, BHA, dan Alpha Arbutin untuk Kulit?

Berikut sejumlah manfaat dari masing-masing bahan tersebut:

Manfaat AHA untuk Kulit

Mengurangi kerutan dan garis halus. Hal ini berkat kemapuannya meningkatkan produksi kolagen pada kulit. Kolagen adalah protein yang membantu menjaga kekencangan kulit dan membuatnya terlihat awet muda.
Menghilangkan noda dan bintik hitam. AHA bekerja dengan mndorong pengelupasan sel-sel kulit mati dan mempercepat regenerasi kulit, sehingga kulit terlihat lebih cerah dan segar.

Manfaat BHA untuk Kulit

Mengurangi jerawat dan komedo. BHA terbukti efektif dalam mengurangi jerawat dan komedo pada kulit. BHA bekerja dengan mengeluarkan kotoran dan minyak yang menyumbat pori-pori kulit.
Menghilangkan minyak berlebih pada kulit. Kandungajn ini juga membantu mengontrol produksi minyak pada kulit, sehingga kulit terlihat lebih segar dan tidak berminyak.
Menenangkan kulit yang sensitif. BHA punya sifat menenangkan kulit yang sensitif. Bayhan ini bekerja dengan meredakan peradangan pada kulit, sehingga kulit terlihat lebih tenang dan tidak kemerahan.

Manfaat Alpha Arbutin untuk Kulit

Memutihkan kulit secara alami. Alpha Arbutin dapat membantu memutihkan kulit secara alami tanpa merusak kulit. Kanudngan ini bekerja dengan menghambat produksi melanin, pigmen yang memberikan warna pada kulit.
Mengurangi flek dan noda hitam pada kulit. Alpha arbutin juga terbukti efektif dalam mengurangi flek dan noda hitam pada kulit. Hal ini berkat kemampuannya menghambat produksi melanin pada kulit yang menjadi penyebab utama flek dan noda hitam. Dengan berkurangnya produksi melanin, kulit akan menjadi lebih cerah dan bersih.
Mencegah pembentukan melanin yang berlebihan. Selain mengurangi produksi melanin, alpha arbutin juga berperan dalam mencegah pembentukan melanin yang berlebihan. Melanin yang berlebihan bisa menyebabkan kulit menjadi lebih gelap dan terlihat tidak merata.
Dengan menggunakan produk skincare yang mengandung alpha arbutin secara rutin, kulit terhindar produksi melanin yang berlebihan, sehingga kulit tetap tampak cerah dan bersih.
Namun, perlu diingat bahwa penggunaan produk yang mengandung alpha arbutin harus tetap dalam batas yang aman. Jangan menggunakannya secara berlebihan, karena bisa menyebabkan iritasi pada kulit.
Jika kamu memiliki kulit yang sensitif atau sedang dalam kondisi tertentu seperti hamil atau menyusui, sebelum menggunakan skincare yang mengandung alpha arbutin, sebaiknya berkunsultasi dengan dokter kulit terlebih dahulu.

aha bha dan alpha arbutin, tips menggunakan ketiganya dengan tepat
Sumber: Beautynesia.id

Bagaimana Menggunakan Produk yang Mengandung AHA, BHA, dan Alpha Arbutin?


Setelah mengetahui manfaat AHA, BHA, dan Alpha Arbutin untuk kulit, Kamu mungkin tertarik untuk mencoba produk perawatan kulit yang mengandung bahan-bahan tersebut. Namun, sebelum mulai menggunakannya, ada beberapa tips yang perlu kamu perhatikan agar dapat memperoleh manfaat maksimal dari produk itu.

Tips Menggunakan Produk yang Mengandung AHA

Agar kamu bisa mendapatkan manfaat yang maksimal dari produk tersebut, 2 hal berikut ini harus kamu perhatikan:
Menggunakan produk dengan konsentrasi yang tepat
Konsentrasi AHA yang tepat pada produk perawatan kulit sangat penting untuk menghindari iritasi dan efek samping lainnya. Biasanya, produk dengan kandungan AHA yang dijual di pasaran memiliki konsentrasi antara 5-10%. Jika kamu baru mulai menggunakannya, sebaiknya produk dengan konsentrasi yang lebih rendah terlebih dahulu.
Menggunakan produk dengan kandungan AHA pada malam hari
Kandungan AHA dalam produk dapat membuat kulit menjadi lebih sensitif terhadap sinar matahari. Karena itu, sebaiknya menggunakan produk tersebut pada malam hari. Selain itu, hindari pula menggunakan produk AHA bersamaan dengan produk lain yang mengandung retinol atau vitamin C, karena dapat menyebabkan iritasi kulit.

Tips Menggunakan Produk yang Mengandung BHA

Seperti yang taelah dihelaskan sebelumnya, BHA memiliki sejumlagh manfaat bagi nkuit. Tapi manfaat tersebut bisa kamar rasakan secara maksimal bila kamu memperhatikan kedua hal berikut ini:
Pilih produk yang sesuai dengan jenis kulit Kamu
Setiap jenis kulit memiliki kebutuhan yang berbeda, sehingga pilihlah produk dengan kandungan BHA yang sesuai dengan jenis kulitmu. Bila kulitmu kulit sensitif atau kering, pilihlah produk dengan konsentrasi yang lebih rendah atau hindari penggunaan produk BHA secara berlebihan.
Gunakan produk BHA secara teratur
Kamu bisa merasakan manfaatnya produk dengan kandungan BHA secara maksimal bila menggunakannya secara teratur. Tapi kamu tidak boleh menggunakan prodak ini lebih dari dua kali sehari karena dapat menyebapkan kulit menjadi kering dan mudah mengalami iritasi.

Tips Menggunakan Produk yang Mengandung Alpha Arbutin

Alpha Arbutin tidak hanya membantu mencerahkan wajahmu tapi juga memberikan sejumlah manfaat lainnya. Kamu bisa merasakan manfaat tersebut secara maksimal bila memperhatikan kedua hal berikut:
Pilih Produk dengan Konsentrasi yang Tepat
Konsentrasi alpha arbutin 1-2% dalam produk perawatan kulit sudah mampu memberikan manfaat maksimal untuk kulitmu. Tapi jika kamu ingin mendapatkan hasil yang lebih cepat, kamu bisa menggunakan produk dengan kandungan alpha arbutin hingga 4%. Penting untuk membaca label keterangan pada produk sebelum membeli.
Konsultasikan dengan dokter kulit sebelum menggunakan produk
Bila kamu memiliki riwayat alergi terhadap produk tertentu, ada baiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kulit. Dokter kulit akan membantumu menentukan jenis produk yang cocok untuk kulitmu, serta memberikan saran tentang cara tepat menggunakannya. yang tepat. Hal ini akan membantu mengurangi munculnya risiko iritasi atau efek samping.
Perlu diingat bahwa sebelum menggunakan produk perawat kulit dengan kandungan AHA, BHA, dan Alpha Arbutin, sebaiknya kamu melakukan patch test terlebih dahulu. Bila setelahntya muncul iritasi atau reaksi negatif lainnya, sebaiknya penggunaan produk tersebut dihentikan
Tak hanya itu, jangan lupa untuk selalu menggunakan sunscreen dengan SPF minimal 30 pada pagi hari setelah menggunakan produk AHA, BHA, atau Alpha Arbutin, untuk melindungi kulit dari sinar UV. Terkahir, lengkapi perawatan kulitmu dengan menjaga pola hidup sehat dan mengonsumsi makanan seimbang untuk mendukung kesehatan kulitmu

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa AHA, BHA, dan Alpha Arbutin adalah bahan aktif yang bermanfaat untuk perawatan kulit. AHA membantu mengurangi kerutan dan garis halus, menghilangkan noda dan bintik hitam, serta menstimulasi produksi kolagen.
Sementara itu, BHA membantu mengurangi jerawat dan komedo, menghilangkan minyak berlebih pada kulit, dan menenangkan kulit yang sensitif. Sedangkan Alpha Arbutin membantu memutihkan kulit secara alami, mengurangi flek dan noda hitam pada kulit, serta mencegah pembentukan melanin secara berlebihan.
Selain itu, penting untuk menggunakan produk yang sesuai dan mengikuti tips penggunaan yang tepat untuk mencegah timbulnya efek samping. Untuk itu, sangat disarankan melakukan pach test terlebih dahulu sebelum menggunakn produk dengan ketiga kandungan bahan aktif tersebut secara teratur atau berkonsultasi dengan dokter kulit, khususnya bila kamu memiliki riwayat alergi terhadap produk tertentu.
Berikut rekomendasi sejumlah produk yang mengandung AHA, BHA, dan Alpha Arbutin, antara lain Somethinc Revive Potion 3% Arbutin + Bakuchiol productnation, The Ordinary Alpha Arbutin 2% + HA, AHA/BHA Clarifying Treatment Toner, dan NACIFIC Pink AHABHA Toner.
Nah, itulah tadi sejumlah manfaat dan cara tepat menggunakan menggunakan prdosuk skincare dengan kandungan AHA, BHA, dan Alpha Arbutin. kamu tertarik untuk memiliki prdoduk skincare dengan tiga kandungan bahan aktif tersebut, dengan brand kamu sendiri?
Jika demikian kamu bisa menghubungi Bussiness Consultant Maklonesia untuk berdiskusi mengenai ide dan konsep produk serta strategi bisnis yang tepat untuk brand kamu. Tim professional kami akan memberikan layanan terbaik dan mewujudkan produk impianmu mejadi produk yang berkualitas dan diminati pasar. Jadi, wujudkan impiabnmu menjadi nnyata dan raih kesuksesanmu, sekarang

Referensi:
Dari berbagai sumber

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *